Tuesday, August 2, 2011

Dasar Pemrograman Web

Tulisan ini tidak ditujukan untuk kamu yang ingin belajar pemrograman secara teknis, dalam artian kamu ingin belajar HTML, PHP, dll. Saya ingin sedikit sharing pengalaman buat kamu yang ingin memulai pemrograman internet (web), namun bingung mulai dari mana belajarnya. Sedikit cerita mungkin bisa membawa kamu pada satu kesimpulan yang bisa membuat konsepmu bertambah dalam memulai pemrograman internet.

Saya dulu pertama kali belajar web ketika naik tingkat 2, tepatnya mulai belajar pada akhir semester 2. Namun sebelumnya, saya pernah sedikit mempelajari cara menginstall CMS seperti WordPress, Joomla, dll. Kalo kamu pernah belajar menginstall salah satu CMS tersebut, kamu akan lebih mudah mempelajari hal-hal yang lain. Namun jika kamu belum pernah, bukan berarti kamu tidak akan bisa dengan materi web yang lain.

Web dibangun di atas sebuah server web, misalnya saja Apache atau IIS. Apache biasanya gratis. Kamu bisa mengunduh dari situsnya langsung. Namun, jika ingin belajar HTML, kita tidak terlalu butuh dengan web server tersebut. Sebagai awal latihan yang bagus, kamu bisa mencoba paket server XAMPP yang bisa kamu gunakan dengan gratis. Paket ini berisi Apache, PHP, MySQL, FTP, dan Mail.

Mungkin kamu banyak yang bertanya apa saja yang harus saya pelajar untuk bisa membuat web? Dalam pemrograman web, ada beberapa komponen yang harus kamu kuasai :

    1. HTML (Hypertext Markup Language). HTML adalah bahasa markup yang membangun struktur web. Kamu bisa mempelajari HTML hanya menggunakan notepad dan browser. Ketik kode HTML di notepad, simpan dalam format .html dan file yang dibuka akan ditampilkan di browser.
    2. CSS (Cascading Style Sheet). CSS adalah komponen web yang membuat tampilan web menarik. Kalau tadi HTML bisa diibaratkan sebagai tulang-belulang (berfungsi sebagai struktur) dari tubuh kita, maka CSS bisa kita ibaratkan sebagai daging kita. Seberapa besar mata kita, seberapa putih kulit kita, seberapa panjang rambut kita, adalah perumpaan yang bisa kita berikan pada CSS. CSS lah yang memberikan presentasi dan tampilan pada orang yang melihat.
    3. Pemrograman dinamis. Ada banyak pemrograman dinamis yang bisa dilakukan di internet, beberapa yang terkenal adalah PHP, ASP, Python, dll. Yang paling banyak digunakan adalah PHP. Selain gratis, PHP juga memiliki dokumentasi yang banyak, sehingga jika kamu kesulitan dalam membuat program, kamu bisa melihat sumber yang banyak di internet. Bahasa pemrograman seperti C/C++, Visual Basic, C#, sebenarnya juga bisa digunakan, namun jarang dipakai. Saya sendiri lebih sering menggunakan PHP.
    4. Penyimpanan data. Penyimpanan data atau DBMS (Database Manajement System) adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan data-data, baik itu data user, password, data kartu kredit, daftar belanja, data nilai kuliah, dll. Ada banyak aplikasi penyimpanan data, seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dll. MySQL adalah DBMS yang sering digunakan. Namun jangan kuatir jika ingin menggunakan aplikasi DBMS yang lain, biasanya DBMS ini menggunakan satu bahasa untuk mengaksesnya, SQL. SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk manajemen data dalam DBMS. Jika kamu mengetaui SQL ini, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi DBMS di atas.
    5. Javascript. Sebenarnya belajar javascript tidak terlalu diwajibkan. Namun kadang kala kita sering membutuhkan kemampuan bahasa yang satu ini. Facebook dan Twitter terkenal karena memiliki aplikasi yang interaktif. Semua itu bisa dilakukan karena javascript ini.

Untuk belajar dasar-dasar pemrograman web di atas, kamu bisa masuk ke alamat http://www.w3schools.com/. Web http://www.tizag.com/ juga menawarkan pilihan belajar web yang menurut saya cukup baik untuk pemula. Jika kamu ingin sesuatu yang baru, cobalah http://net.tutsplus.com/, di sana banyak tutorial yang ditujukan untuk pemula hingga tutorial tingkat lanjut.

Ada banyak tutorial di internet, ada banyak buku dan ebook yang bagus, namun jika tidak disertai dengan kesungguhan hati untuk belajar, tentu ilmu yang kita peroleh juga sedikit

0 comments:

Post a Comment