Saturday, August 20, 2011

Cara Mencegah Flashdisk Kebal Dari Virus

Cara Mencegah Flashdisk Kebal Dari Virus - Anda pasti bertanya dakah cara agar flashdisk bisa kebal dari virus? saya akan sedikit jelaskan mengenai penularan virus dahulu. Penularan virus bisa begitu capat saat ini, baru colok flashdisk sebentar saja langsung bisa terinfeksi. Yang menjadi penyebab adalah fasilitas autorun pada sistem operasi windows.

Sejak era munculnya Windows Xp autorun dibuat dengan niat yang baik, yaitu memudahkan si pengguna. Pada saat kita menancapkan perangkat eksternal seperti CD ROM atau flashdisk maka autorun.inf akan langsung berjalan dan menampilkan isi file yang ada pada perangkat yang kita masukan.

Namun hal tersebut malah menjadikan para pembuat virus lebih mudah menyebarkan virusnya. Dengan meraka memodifikasi autorun.inf, meraka bisa dengan mudah menyebarkan virus saat kita menancapkan flashdisk. begitu juga sebaliknya flasdisk bisa tertular melalui komputer  yang sudah lebih dulu terinfeksi virus. Jadi si pembuat virus memanfaatkan media penyimpanan flashdisk untuk untuk menyebarkan virusnya, dikarenakan banyaknya orang yang sudah memiliki flashdisk.

Dan Bagaimana solusinya?


Sudah saya katakan yang menjadi penyebab adalah file autorun.inf yaang ada pada sistem operasi windows. Jadi dengan melihat proses penularannya yang sederhana yaitu melalui autorun, maka untuk melindungi komputer dari virus adalah memastikan autorun tidak berjalan pada komputer anda.

Dan dari flashdisk anda harus memastikan file autorun.inf tidak bisa dimodifikasi, cara gampangnya adalah memasang aplikasi seperti BitDifender Immunizer dan Panda USB Vaccine. Cara kerja kedua aplikasi ini adalah menonaktifkan autorun pada komputer dan memproteksi autorun.inf pada USB agar tidak bisa dimodifikasi.

Cara penggunaanya sanagt mudah, cukup download dan  install terlebih dahulu aplikasi ini ke komputer anda dan jalankan. secara otomatis aplikasi ani akan mendeteksi apakah sistem autorun pada komputer anda berjalan atau tidak, jika autorun aktif maka aplikasi ini akan menawarkan untuk mematikannya dan sebaiknya anda matikan. Kemudian tinggal anda meng- Immunize atau meng- Vaccine USB flashdisk anda. Tinggal pilih seja letak drive USB anda dal klik saja Immunize atau Vaccine. Setelah itu amanlah komputer dan Flashdisk anda dari penularan virus.

0 comments:

Post a Comment