Wednesday, February 20, 2013

Cara Memperbaiki Keybord Laptop Yang Tidak Berfungsi Dengan Benar - Ini merupakan pengalaman saya mencoba memperbaiki laptop teman pacar saya dengan masalah tombol Backspace dan E tidak berfungsi. Setelah saya analisa dan saya coba menekan tombol tersebut ternyata tidak hanya tombol Backspace dan E yang tidak berfungsi tetapi tombol yang lain seperti tombol " < ", " Caps Lock", "Pg Up" dan "Enter". Untuk meyakinkan saya dengan analisa tersebut saya coba menggunakan software KeyTest. Seperti Gambar Berikut.



Keytest akan memberikan warna dari setiap tombol keybord yang bermasalah. Warna Hijau "Test OK ", Warna merah " Tombol sedang ditekan ", Warna orange "Test Gagal "dan ada beberapa ketereangan lainnya bisa anda download program keytest di mbah google.. Banyak kok disana heheh..

Dari Hasil tersebut saya dapat  hanya  tombol " arah kiri ", "arah atas"," Caps Lock", dan "Pg Up" bermasalah . Sebelumnya saya instal ulang dan melakukan scan dengan Smadav ada beberapa virus dan pastinya sudah diatasi. Sampai disitu nasib jelek pertama saya terjadi semua tombol tidak berfungsi.. Astaga Naga akhirnya saya instal ulang lagi.

Selesai Instal Ulang keybord masih tidak normal dengan tombol "arah kiri" dan "arah atas" tidak normal. saya instal keytest lagi dan akhirnya normal kembali. Aneh dan Ajaib hehe..Pengen saya banting ni laptop :(.

Ini lah nasib jelek kedua saya terjadi karena sebenarnya pagi ini saya kembalikan laptopnya yang saya anggap tidak ada masalah. Tiba - tiba Nasib jelek pertama saya terjadi. Akhirnya saya cari info di mbah google dan saya dapat info yang bagus dan cukup ampuh berikut ini infonya.

Cara Memperbaiki Keybord Laptop

1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak karena kotor: Sebenarnya laptop yang menggunakan type 'scissor-switch' keyboard atau bahkan type keyboard 'chiclet' sudah dirancang dengan presisi yang lebih rapat dibanding type keyboard tradisonal. Namun kebiasaan kurangnya kebersihan membuat bagian keyboard yang terbuka rentan dengan debu/kotoran/rambut menyusup masuk. Justru keyboard type ini yang digunakan pada laptop membuat debu yang terlanjur masuk menjadi terjebak di bagian dalam keyboard yang mengakibatkan macet karena mengganjal tekanan tuts ke elektronik keyboard. Cara memperbaiki keyboard laptop rusak karena debu:
keyboard laptop rusak



  1. Buka satu-persatu bagian tuts huruf keyboard laptop yang rusak.
  2. Gunakan kuku/pinset untuk membuka tut huruf yang rusak dan beberapa bagian huruf sekitarnya. Misalnya huruf yang rusak 'S', maka yang dibuka selan huruf tersebut adalah huruf-huruf keyboard 'W-E-D-C-X-Z-A'.
  3. Bersihkan dengan menggunakan kuas.
  4. Tutup kembali dengan menekan tut keyboard laptop sampai terdengar bunyi klik.



2. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak karena Kebiasaan Mengetik dengan hentakan. Untuk type 'scissor-switch' keyboard, bisanya rentan pada ketukan yang keras (seperti mengetik pada mesin ketik tradisional). Beberapa orang merasa puas jika mengetik terdengar suara 'ketukan'. Hal ini justru dapat membuat keyboard laptop menekan terlalu dalam dan bergeser, sehingga tuts keyboard akan terkunci dan tidak berfungsi atau malah terkunci pada posisi 'on' sehingga menekan terus-menerus. Ciri-ciri kerusakan keyboard mengetik huruf atau kombinasi huruf yang tidak kita inginkan biasanya disertai suara yang cukup menggangu. Cara memperbaiki keyboard laptop rusak karena menekan terus:

  1. Letakkan 4 jari pada bagian tut huruf keyboard yang rusak dan huruf-huruf sekitarnya
  2. Tekan, (sambil terus menekan) gerakan secara horisontal dan ulangi dengan gerakan vertikal bergantian. Biasanya ini akan mengembalikan tut pada posisi semula. Jika gagal
  3. Buka tut huruf seperti cara diatas dengan kuku/pinset.
  4. Gerakkan naik turun bagian 'engsel'keyboard (maaf saya tidak tahu namanya) lihat gambar dibawah ini.
  5. Tutup kembali dengan menekan tut keyboard laptop sampai terdengar bunyi klik.


3. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Kena Air. Segera matikan Laptop terutama jika tumpahan air cukup banyak, misalnya gelas minuman tumpah. Lepas baterai laptop dan charger laptop. Miringkan laptop ke arah sisi di mana terletak CD / DVD Player berada (jadi DVD player posisinya dibawah), karena bagian processor biasanya berseberangan dengan DVD player. Ini untuk menghindari processor kena air yang menyebabkan laptop mati total.

  • Buka bagian keyboard laptop, beberapa cara membuka berbeda bergantung merk dan seri laptop.



  • Beberapa type laptop harus melepas sejumlah baut untuk membuka keyboard laptop, namun laptop lainnya seperti keyboard laptop axio cukup menekan 4 engsel yang ada di sisi keyboard untuk melepas.


  •  Jangan menarik paksa keyboard laptop karena ada kable flexible keyboard yang harus dilepas dengan hati-hati.
  •  Pastikan semua bagian keyboard kering, dan tidak ada air yang masuk kebagian mesin (motherboard laptop).
  •  Jangan mecoba menyalakan laptop atau mengeringkannya dengan pengering rambut (hair dryer). Tuts keyboar laptop sangat rentan terhadap panas, menggunkan hair dryer dapat membuat bentuk tuts meleleh tidak karuan...ini pengalaman soalnya...hiks *sedih :(
  • Jika air yang tumpah di laptop cukup banyak, dalam kondisi sepeti ini kami menyarankan sebaiknya minta bantuan teknisi untuk tindakan selanjutnya.

Jika kerusakan keyboard cukup parah dan cara-cara meperbaiki keyboard diatas tidak berhasil, mungkin pilihannya adalah membeli spare part keyboard yang baru. Cukup banyak tersedia spare part keyboard untuk merek terkenal seperti  Laptop Toshiba, Asus, Compaq-HP, Dell, Acer baik keyboard yang original maupun OEM keyboard laptop yang harganya lebih murah. Keyboard external type port USB juga merupakan pilihan yang lebih murah. Dalam keadaan darurat saat keyboard laptop rusak dan belum ada penggantinya adalah dengan menggunakan On screen Virtual keyboard yang ada di windows os. Caranya:
cara memperbaiki keyboard laptop rusak

  •     klik Start Menu
  •     pilih All Program
  •     pilih folder Accessories
  •     pilih folder Ease of Acces lalu klik On-Screen Keyboard


Sebelum keyboard laptop rusak sebaiknya rawat dan bersihkan laptop secara berkala. Menggunakan kuas atau usb vacuum cleaner untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop akan mencegah kerusakan. Hindari kebiasaan mengetik pada keyboard dengan hentakan yang keras. Jauhkan minuman dari laptop. Bagaimanapun pencegahan adalah hal terbaik, sebelum kita benar-benar memerlukan cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Semoga pengalaman saya bermanfaat bagi anda yang senasib dan sepenanggungan haha Good Luck Bray :)

0 comments:

Post a Comment