Saturday, September 17, 2011

Sejarah Penemuan dan Pengertian HTML

Diawal tahun 80-an, ketika IBM masih menjadi penentu standard utama dunia komputer dan sistem informasi, IBM memiliki suatu ide yang cenderung tersebut berdasarkan pada pengetahuan bahwa setiap dokumen mempunyai ciri-ciri umum,seperti judul,alamat, isi, dan elemen - elemen lain yang sangat mirip dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

IBM memikirkan pembuatan suatu sistem dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. Dengan cara ini, penampilan dan pencetakan dokumen tidak akan banyak bergantung pada jenis hardware tertentu, sekalipun sitem seperti ini memerlukan suatu software untuk menampilkan atau mencetak dokumen-dokumen tersebut. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menambahkan sistem ini dengan Markup Language. IBM menamakan sistemini dengan Generalizes Markup Language (GML). Setelah itu pada tahun 1986 ISO (International Standard Organization) menyatakan bahwa markup language sebagai standard untuk pembuatan dokumen - dokumen dan memberinya nama SGML(Standard Generalized Markup Language) dan akhirnya sekarang bahasa ini dikenal HTML .

HTML(HyperText Markup Language) adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen HyperText yang dapat dibaca dari satu platform ke platform lainnya tanpa memalakukan suatu perubahan
apapun.Dokumen HTML sebenarnya suatu dokumen teks biasa, sehingga di platform apapun dokumen tersebut dapat dibaca. Dokumen HTML disebut Markup Language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen.Misalnya  anda dapat menentukan dimana suatu hambar harus ditempatkan dan jenis pemformatan apa yang berlaku pada suatu kumpulan teks tertentu. Anda bahkan dapat juaga membuat tabel,form ataupun dokumen dengan bingkai - bingka didalamnya dengan menggunakn tanda - tanda HTML.






1 comment: