Thursday, June 16, 2011

Membuat Tombol Facebook Like Tanpa Plugin

Facebook adalah jejaring sosial yang paling digemari di seluruh dunia setelah twitter.Nah untuk kesempatan ini saya akan membeberkan trik memanfaatkan fasilitas facebook ke dalam blog wordpress.


Sebenarnya sudah banyak artikel yang menguraikan cara tersebut, tapi karena banyak permintaan yang masuk ke email saya maka lahirlah artikel ini.Semoga artikel ini bermaanfaat bagi anda.


Cara Pasang Tombol Facebook Like Di WordPress
Jika anda ingin memasang tombol Facebook Like di dalam postingan, anda bisa menempatkan script di bawah ini di dalam file single.php yang ada di folder theme yang anda gunakan.

<iframe src="http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php echo
urlencode(get_permalink($post->ID));?>&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=450&amp;action=like&amp;colorscheme=light" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:60px;"></iframe>

Script (iframe) tersebut bisa anda tempatkan sebelum kode <?php the_content(); ?> jika tombol facebook like akan ditempatkan di atas postingan, dan setelahnya jika tombol facebook like akan ditempatkan di bawah postingan.


  •            show_face=true, akan menampilkan foto profil facebook di bawah tombol facebook like.
  •             layout=button_count, hanya akan menampilkan simpel button.
  •            colorscheme=dark, pilihan warna background tombol facebook like lebih gelap.
  •            action=recommend, mengganti tombol Like ke Recommend.

Di samping parameter tersebut di atas, anda juga bisa membuat pengaturan tentang tinggi dan lebar dari iframe tersebut.
Catatan :
Tombol facebook like ini di samping punya banyak manfaat juga ada kekurangannya yaitu, karena menggunakan teknik iframe mungkin akan sedikit memperlambat waktu loading, di samping itu juga akan menambah jumlah http request.
Kekurangan lainnya, setelah pasang tombol facebook like ini blog anda terutama untuk halaman single.php atau postingan menjadi tidak valid html.

0 comments:

Post a Comment